inilah beberapa mitos yang katanya bisa bikin puasa kamu batal

 story

inilah beberapa mitos yang katanya bisa bikin puasa kamu batal

Halo genk, mumpung lagi bulan ramadhan, kali ini mimin mau ngebahas tentang beberapa hal yang “katanya” bisa bikin puasa kamu batal. Mitos-mitos ini pastinya sudah sering banget kamu dengar, apalagi ketika kamu masih bocah dan belum banyak tahu tentang ilmu agama. Nah ini dia beberapa mitos yang kami kumpulin tentang beberapa hal yang katanya bisa bikin kamu batal puasa.

Ngupil

Pas lagi kamu bocah pasti nih pernah dengar kalo kita lagi puasa kita ga boleh ngupil, alhasil meskipun kamu lagi gatel hidung dan udah ga nyaman banget pengen ngupil kamu tahan-tahan. Tapi tenang aja bro and sist, itu hanya mitos ko. Menurut beberapa sumber, para ulama hanya menyatakan jika ngupil itu makruh, jadi sebaiknya tidak dilakukan. Namun kalo emang itu demi kebaikan seperti misalnya demi kesehatan boleh-boleh aja ko.

 

Berkumur saat wudhu

Menurut beberapa ulama berkumur saat wudhu ga ngebatalin puasa ko genk. Yang bikin batal jika kamu telen itu air wudhunya, hehe.. Berkumur kan salah satu rukun wudhu jadi tentu tidak apa-apa jika dilakukan, asal jangan dengan sengaja ditelan aja airnya ya.

 

Menyikat gigi

Menyikat giginya ga apa-apa ko sob, karena emang ga dimakan juga kan pasta giginya. Tapi kalau kamu mau, bisa pakai siwak gan, biar ga perlu pake pasta gigi, siwak itu akar atau batang tumbuhan salvadora persica atau biasanya dikenal sebagai pohon sugi atau pohon sikat gigi. Ini sering digunakan oleh rasulullah S.A.W untuk membersihkan giginya. Sekarang udah banyak ko yang jual siwak apalagi disaat bulan puasa seperti ini. Atau jika kamu gamau ketelen pasta giginya saat menyikat gigi, jangan pake pasta aja gan, bersih juga ko. Oh ia sebagian ulama berpendapat bahwa menyikat gigi sebelum dzuhur adalah sunnah namun apabila dilakukan setelah dzuhur adalah makruh.

 

Mandi siang hari

Nah para bocah banyak nih yang bilang “ga boleh mandi di siang hari nanti puasnaya batal”. Ini jelas mitos ya gan, tentu boleh lah membersihkan diri pada saat puasa.

 

Potong kuku dan potong rambut

Ini juga sering banget mimin denger dari obrolan ketika bocah kalau katanya potong rambut atau potong kuku saat puasa bisa bikin batal. Yang jelas engga ya, itu hanya celotehan anak-anak aja, ya sih bikin batal kalo potong rambutnya sambil ngemil, hehe..

 

Nelen ludah

Yang ga kalah anehnya dan bisa bikin ketawa ketika mengingat masa kecil adalah ketika kita dilarang menelan ludah saat puasa. memang sih salah satu hal yang bisa bikin puasa kita batal adalah memasukan sesuatu ke dalam mulut, tapi bukan berarti nelen ludah ga boleh ya, repot dong kalau ga boleh. Yang ga boleh itu nelen ludahnya dibarengi sambil nelen es krim, hehe..

apalagi ya? ada lagi ga gan? share dong pengalaman kamu di kolom komentar. Ditunggu ya tambahannya.

Author: