cara daftar kartu pra kerja 2020
cara daftar kartu pra kerja 2020

Begini Cara Daftar Kartu Pra Kerja dan Keuntungannya

Posted on

Cara Daftar Kartu Pra kerja – salah satu program pemerintah yang santer di implementasikan ialah kartu prakerja, program ini memberikan pelatihan bagi angkatan kerja untuk meningkatkan keterampilan di berbagai bidang yang di tekuni. kartu prakerja resmi di buka pada 11 April 2020 lalu.

saat tulisan ini kami muat, Pra Kerja masuk di gelombang ke 3 (pengumuman lolos di umumkan setiap minggu), dimana masyarakat dengan kriteria tententu dapat mendaftarkan diri dan memberoleh manfaat dari kartu ini dengan mendaftarkan di melalui web prakerja.go.id , lalu bagaiman cara mendaftar dan apa manfaatnya, berikut detailnya.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja.

Untuk bisa mendaftarkan diri kita di PraKerja.go.id , terlebih dahulu siapkan beberapa data berikut ini :

  1. Data Lengkap dan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nomor HP Aktif
  3. Email

jika dan sudah punya ketiga dokumen diatas, berikut Syarat Orang yang bisa mendapatkan Kartu Prakerja :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) Umur Minimal 18 Tahun
  2. Tidak Sedang Mengikuti Pendidikan Formal
  3. Bagi Korban PHK Karena Covid-19 juga menjadi sasaran Utama.
daftar kartu Pra Kerja 2020
Daftar Kartu Pra Kerja 2020 di PlayStore

jika seleuruh persaratan di atas sudah terpenuhi, anda sudah bisa membuat akun di laman prakerja.go.id , untuk membuat akun prakerja ini sangatlah mudah , anda tinggal buka laman prakerja.go.id lalu mendaftarkan akun baru, langkahnya sebagai berikut :

1. Masukkan nomor ponsel dan alamat email yang masih aktif.

2. Klik kolom Daftar

3. Kemudian pilih menu metode verifikasi.

4. Lalu masukan kode verifikasi diterima baik lewat SMS atapun email.

5. Jika selesai, pendaftaran berhasil dan kamu sudah memiliki akun Kartu Pra Kerja.

setelah kamu sunya akun di Prakerja.go.id langkah selanjutnya , kamu akan di minta menjawab 18 Soal sebagai Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

setelah proses mengisi soal, akun kamu akan di evaluasi, apakah di terima atau tidak, jika tidak maka kamu dis arankan untuk mengdaftarkan di kelombang berikutnya yang di buka setia minggu dan jika kamu di terima maka kamu bisa melakukan pelatihan dan mendapatkan insentif.

Memilih Pelatihan

di prakerja ini, jenis pelatihan dan metode pelatihan dipilih sendiri oleh pemilik kartu, apakah pelatihan mau secara online atau secara offline, pelatihan dipilih lewat plaform mitra, seperti Tokopedia, Ruang Guru, Bukalapak, Pintaria, Mau Belajar Apa, Sekolahmu, Sisnaker dan Pijar Mahir.

Untuk melakukan pelatihan, kamu di minta untuk membeli pelatihan melalui saldo yang kamu dapat dari prakerja sebesar 1 juta rupiah, saldo ini bersifat non tunai yang di masukkan melalui platform OVO, Link Aja dan Bank Negara Indonesia (BNI). 

Setelah mebeli pelatihan dengan uang virtual yang di berikan pemerintah, kamu nanti akan di jadwalkan untuk mengikuti pelatihan tersebut, nah ketika pelatihan tersebut selesai, kamu akan mendapatnykan insentif.

Berapa Besaran Insentif Kartu Prakerja

seperti yang saya sampaikan diatas, setelah melakukan pelatihan, kamu akan mendapatkan insentif sebesar 600 ribu rupiah, insentif ini akan di terima selama 4 Bulan.

Rincian anggaran yang di terima oleh peserta kartu prakerja berarti : 1.000.000 untuk biaya pelatihan dengan Mitra, 600.000 x 4 Bulan = 2.400.000 , di tambah 3 kali survey ketika selesai semua pelatihan yang di ikuti, sekali survey kamu di berikan insentif 50.000 x 3 survey = 150.000.

sehingga total semua manfaat yang di peroleh oleh perserta kartu prakerja ialah Rp 3.550.000 + keahlian yang di peroleh dari pelatihan beserta sertifikatnya.

silahkan mendaftarkan diri, mumpung masih di buka sampai akhir tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *